RSS

Jika Aku Menjadi

Hari ini hari terakhir di bulan Oktober 2013. Yah tanggal 31.. Oktober ada 31 hari, berat banget. Adalah tanggal yang tuak banget. 
Jam setengah delapan sih jadwalnya penerjunan Mahasiswa KKN Angkatan 47 Universitas Islam Indonesia, di auditorium Kahar Mudzakir . Aku udah bangun pagi, aku udah jam setengah 8 berangkat dari kos. Dulu yah kalau janjian jam setengah 8 ya berarti setengah 8 baru mandi. Sekarang udah mulai on time. Sejak di Chevron jadi bisa bangun pagi, jadi bisa on time. Terus gegara berteman sama nisa yang tukang ngomel2 luar biasa kalau ngadepin aku yang doyan telat. Jadinya sekarang mulai disiplin.
Dan you know jam 8 lewat acara penerjunan itu nggak ada tanda-tanda mulainya. Nyesel banget. Temen-temen pada nyesel. Liat aja noh mukanya pada macam muka bantal.
Penerjunan ini juga sekalian pengumuman lokasi tempat aku dan unitku KKN. Aku dapet kebagian di Kecamatan Prambanan, Sleman. Aku di UNIT 19. Anggotanya:
1. Ahmad Akib Arsalan - Ekonomi/Akuntansi - Jogja
2. Agung Aditya Permana - Ekonomi/Manajemen - Jogja
3. Ade Pandu Narwastu - Psikologi Ssosial Budaya/Ilmu Komunikasi - Temanggung
4. Tri Ardiman - MIPA/Statistik - Sumbawa
5. Andita Belina Yofi PS - Ekonomi/Akuntansi - Batam
6. Sabrina Arifia Razan - Kedokteran/Pendidikan Dokter - Jogja
7. Noni Maharani - Kedokteran/Pendidikan Dokter - Jogja
8. Nur Karuniati - Teknologi Industri/Teknik Informatika - Balikpapan
Waktu upacara pelepasan, pertama ada nyanyi Indonesia Raya yaah lumayan lantang tapi nggak lantang banget mungkin karena pada belom sarapan. Yah gitu, mahasiswa. Jam makannya kacau. Kedua nyanyi Hymne UII.. Yah suaranya pada tipis-tipis. Pada nggak hapal hahahaa. Aku terakhir denger hymne UII kayaknya waktu OSPEK masuk UII deh yaa. Hahahaaa..
Terus jam 10 kami sama-sama berangkat ke Kantor Kecamatan Prambanan. Penyambutan gitu. Disitu aja udah dikasih syok terapi katanya banyak warga miskinnya ada 13.000an apa ya. Trus ada daerah yang nggak ada air dan listrik. Tapi ada daerah yang pemandangannya bagus kayak di Bogor. Bedanya, di Bogor dingin, disitu panas. Ternyata aku dapet daerah yang bagus pemandangannya itu.
Dari kantor kecamatan, jam setengah dua belas, kami penyambutan di Kantor Kelurahan Wukirharjo. Perkenalan 6 Kepala Dusun yang ada di Desa Wukirharjo. Ada pak dusun yang baru nikah, ada juga yang duda. Hayuk.. Aku berharap banget dapet Kepala Dusun yang normal-normal aja. Alhamdulillah dapet Kepala Dusun atau Pak Dukuh yang rapi banget, masih muda, anak dua, ada istrinya. Terus Pak Lurah itu ya, belom apa-apa udah frontal minta lampu. Yaiyasih emang nggak ada lampu dijalannya, gelap banget kalau malam. Tapi jangan frontal gitu bisa kali ya.. Kami mahasiswa, datang bawa ilmu, kami nggak bawa uang..
Terus lanjut ke rumah Pak Dukuh! Pak Dukuh di Dusun Klumprit 1. Uyee aku ditempatin di Klumprit 1. Pemandangannya subhanallah! Keren banget. Ngeliat Jogja dari perbukitan. Tapi ya itu emang panas. Kami capek banget dan kepanasan. DAAAAAAAAAAAAAANNN.. disuguhin teh panas sama ibu dukuh. Iya, teh panas. Dalam keadaan panas begitu. Tapi ya namanya haus, dehidrasi, ya habi. Iya, habis. HAHAHAHAA.
Ngobrol-ngobrol sama Pak Dukuh. Di Dusun Klumprit 1 itu ada 4 RT, 2 RW. Dan banyak lainnya yang aku roaming karena nggak ngerti bahasa Jawa sepenuhnya. Yah, roaming gitu.. Terus kami yang cewek-cewek bantu ibu Dukuh masak. Yay! Masak-masakan. Aku seneng banget. Habis masak, makan kurang lahap (yaiya secara pada baru kenal, biasa masih jaim), terus cuci piring, terus pulang.
Pulangnya aku sama Nisa, Nisa dari unit lain, beda unit sama aku. Aku unit 19, dia unit 20. Kami satu desa, tapi beda dusun. Aku sama nisa janjian dekat kelurahan. Pulang sama-sama. Eh dijalan ban bocor. Oke dorong motor. Cari tukang tambal ban. Langsung ganti ban. Padahal motornya kemarin baru ganti ban. Sip.
Sampe Gejayan, udah di kota tuh, eh ban bocor lageeeeeeeeeeeeee. Dua kali ya. Ganti ban aja. Tiga kali dah ganti ban dalam seminggu. Trus kami makan. Trus aku balik kos.
Sampe kos, mandi, terus diajak Lina ke Karanganyar, Jawa Tengah. Temannya lina nikahan. Aku suka banget makanan nikahan. Soalnya rasanya beda aja gitu. Langsung cuss jemput Lina. Lina udah cantik, aku juga. Terus 1 jam perjalanan, ban bocor. Oke hari ini tiga kali ban bocor. Kali ini nyari tambal ban malam-malam agak horor ya. Alhamdulillah dapet. Nggak begitu jauh. Di depan Masjid Raya Klaten.  Karena kemaleman, jadi kami nggak jadi ke Karanganyar, kami balik ke Jogja, makan gudeg, dan balik kos.
Besok paginya, bangun, badanku nggak sakit, tapi mata perih banget, mata capek banget..



0 komentar:

Posting Komentar